Minggu, 23 Oktober 2011

PARAGRAF

Ø  PARAGRAF CONTOH
Salah satu sumber devisa negara adalah keindahan alam di Indonesia. Banyak pulau-pulau dengan keindahannya di Indonesia didatangi oleh turis mancanegara. Sebagai contoh yaitu Pulau Dewata Bali. Pulau Bali yang terkenal dengan keindahan lautnya dan alamnya dapat menarik simpati para turus mancanegara untuk datang berlibur. Kawasan yang sering dikunjungi di Bali adalah pantai Kuta, Sanur, Tanah Lot, Tanjong Benoa, dll. Selain itu juga terdapat kawasan Raja Ampat. Dan di pulau ini banyak dijumpai turis mancanegara yang tertarik dengan keindahan bawah lautnya. Para turus dapat melakukan diving, snorkling, dll. Tidak hany kawasan ynag menyuguhkan keindahan alamnya, namun juga kawasan yang menyuguhkan kebudayaan juga diminati banyak turis mancanegara. Sebagai contoh, yaitu kawasan Jepara dengan hasil ukirannya hingga kawasan pedalaman Sumatra dengan keunikannya.   

Ø  PARAGRAF ANALISIS
Tempe adalah makanan khas Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi tempe. Dari kalangan kaya miskin, tua muda semar dengan makanan ini. Selain enak dan mengandung banyak gizi, tempe juga terjangkau harganya. Tidak terlepas dari itu, ternyata pembuatan tempe mudah dan juga memerlukan ketelitian. Cara pembuatan tempe yaitu, pertama cuci kedelai hingga bersih. Kedua, kukus kedelai setengah matang. Ketiga, siapkan daun pisang/plastik sebagai pembungkus tempe. Keempat, campur kedelai dengan ragi tempe sesuai dengan takaran yang benar. Kelima, bungkus kedelai tersebut dengan daun pisang/plastik. Keenam, tempatkan kedelai tersebut pada tempat yang rapat dan tidak ada udara sedikitpun. Ketujuh, tunggu beberapa hari lalu tempe telah siap jadi.

Ø  PARAGRAF DEFINISI LUAS
Komputer adalah suatu alat elektronik modern. Komputer merupakan perkembangan dari mesin ketik. Komputer memilika CPU yang berfungsi sebagai pengatur kerja program dalam komputer. Komputer dapat dioperasikan dengan adanya aliran listrik. Dalam penggunaannya juga diperlukan keyboard untuk mengetik dan ada mouse untuk menggerakkan kursor. Komputer juga dilengkapi dengan monitir untuk menampilkan gambar. Selain itu, juga ada program yang dapat ditambahkan ke dalam komputer seperti Windows, MS.Word, Corel Draw, dll. Dengan adanya komputer ini dapat membantu pekerjaan manusia.

Ø  PARAGRAF ANALOGI
Pelaku kriminal merupakan sampah masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari perilaku masyarakat terhadap para pelaku kriminal. Mereka menjauhi para pelaku kriminal dan seakan membuang serta tidak memerlukan para pelaku kriminal. Pelaku kriminal dianggap parasit bagi masyarakat. Perbuatan pelaku kriminal seperti mencuri, membunuh, dll membuat masyarakat kesal. Karena tidak hanya merugikan harta namun juga dapat merugikan jiwa masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar